Perbandingan Antara UN Tahun 2015 dengan UN Tahun 2016
Dalam
penyelenggaraan Ujian Nasional tahun pelajaran 2014/2015 dengan Ujian
Nasional (UN) tahun pelajaran 2015/2016 terdapat beberapa perbedaan
sekaligus terdapat juga bebera persamaan.
Salah
satu contoh perbedaan antara UN 2015 dengan UN 2016 adalah pada aspek
Kisi-kisi UN yang mana pada UN tahun 2015 sesuai dengan KTSP, sedangkan
kisi-kisi UN tahun 2016 merupakan irisan cakupan materi antara KTSP dan
Kurikulum 2013.
Sedangkan
salah satu contoh aspek yang sama antara UN 2015 dengan UN Tahun 2016
adalah pada aspek fungsi dari Ujian Nasional yakni Nilai UN tidak menjadi penentu kelulusan dari satuan pendidikan.
Untuk
mengetahui secara rinci dan lengkap tentang perbedaan dan persamaan
antara UN Tahun 2015 dengan UN Tahun 2016, dapat dilihat pada tabel
perbandingan antara UN tahun 2015 dengan UN tahun 2016 sebagai berikut :
Tabel Perbandingan UN Tahun 2015 Dengan UN Tahun 2016
No.
|
Aspek
|
UN 2015
|
UN 2016
|
Ket.
|
1
|
Fungsi Ujian Nasional
|
Nilai UN tidak menjadi penentu kelulusan dari satuan pendidikan
|
Sama
| |
2
|
Kelulusan
|
Kelulusan ditentukan sepenuhnya oleh satuan pendidikan
|
Kelulusan ditentukan sepenuhnya oleh satuan pendidikan
|
Sama
|
3
|
Permendikbud
|
Berlaku satu tahun
Mengatur Kriteria Kelulusan dan Penyelenggaraan UN
|
Mengatur kebijakan dasar, berlaku multi tahun
Mengatur Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah Melalui Ujian Nasional dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan beda
|
Beda
Beda
|
4
|
Kisi-kisi UN
|
Peraturan BSNP Nomor 0027/P/BSNP/IX/2014
Sesuai KTSP
|
Peraturan
BSNP Nomor Kisi-kisi berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi
lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku pada lingkup materi
yang sama yang memuat level kognitif dan lingkup materi.
beda
Irisan cakupan materi antara KTSP dan Kurikulum 2013
|
Beda
Beda
|
5
|
Paket Soal UN
|
Setiap peserta menerima paket soal yang berbeda
|
Setiap peserta menerima paket soal yang berbeda sama
|
Sama
|
6
|
Peran BSNP
|
Penyelenggara
|
Penyelenggara
|
Sama
|
7
|
Instansi terkait
|
Pelaksana
|
Pelaksana
|
Sama
|
8
|
Peran Perguruan Tinggi
|
· Berperan sebagai koordinator pemindaian LJUN untuk SMA/MA/ SMAK/SMTK, dan SMK.
· Dilibatkan dalam pemantauan pelaksanaan UN SMA sederajat di Kabupaten/Kota.
|
· Panitia tingkat pusat
· Berperan sebagai koordinator pemindaian LJUN untuk SMA/MA/SMAK/SMTK, dan SMK.
· Dilibatkan dalam pemantauan pelaksanaan UN SMA sederajat di Kabupaten/Kota.
|
Beda
|
9
|
Peran LPMP
|
Dilibatkan dalam pemantauan UN SMP dan SMA sederajat, dan Paket C di Kabupaten/Kota.
|
Dilibatkan dalam pemantauan UN SMP dan SMA sederajat, dan Paket C di Kabupaten/Kota.
|
Sama
|
10
|
Pencetakan bahan UN
|
Dilaksanakan oleh provinsi berkoordinasi dengan Panitia UN Pusat.
|
Dilaksanakan oleh provinsi berkoordinasi dengan Panitia UN Pusat.
|
Sama
|
11
|
Pengawasan Satuan Pendidikan
|
Tidak ada pengawas satuan pendidikan.
Kepala sekolah adalah pengawas satuan pendidikan. Peran pengawas ruangan dioptimalkan
|
Tidak ada pengawas satuan pendidikan. Kepala sekolah adalah pengawas satuan pendidikan.
Peran pengawas ruangan dioptimalkan
|
Sama
|
12
|
Peran Kepolisian dalam pelaksanaan UN
|
Pengamanan
pencetakan, pendistribusian sampai titik transit di kabupaten/kota.
(Polisi tidak berada di lingkungan satuan pendidikan pada saat
pelaksanaan UN).
|
Pengamanan
pencetakan, pendistribusian sampai tempat penyimpanan bahan UN di
kabupaten/kota. (Polisi tidak berada di lingkungan satuan pendidikan
pada saat pelaksanaan UN).
|
Sama
|
13
|
Bahan UN
|
mata pelajaran Bahasa Inggris untuk Listening Comprehension
|
Menggunakan Compact
Disk. Menggunakan Compact Disk.
|
Sama
|
14
|
Pelaksanaan UNBK
|
Verifikasi
dan penetapan satuan pendidikan pelaksana UN-BK dilakukan oleh Panitia
UN Pusat Melibatkan lima PTN untuk verifikasi calon pelaksana UN-BK di
Provinsi di Pulau Jawa.
|
Penetapan satuan pendidikan pelaksana UN-BK dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi
|
Beda
|
15
|
Sekolah terkena dampak asap
|
Tidak diatur
|
Pengaturan UN khusus untuk sekolah terkena dampak asap
|
Beda
|
16
|
Satuan Pendidikan Kerjasama
|
Tidak diatur
|
Diatur khusus
|
Beda
|
17
|
Pendaftaran peserta
|
Melalui Dinas
|
Dapat melalui DAPODIK termasuk UNPK
|
Beda
|
18
|
Pembobotan nilai
|
Ada pengaturan pembobotan nilai akhir S/M
|
Tidak diatur
|
Beda
|
19
|
Penyerahan nilai S/M
|
nilai ujian dikirim sebelum UN
|
paling lambat seminggu sebelum pengumuman kelulusan dari satuan pendidikan beda
| |
20
|
Pemusnahan soal UN di satuan pendidikan
|
Satu bulan setelah pelaksanaan UN
|
Satu bulan setelah
pengumuman hasil UN
|
Beda
|
Demikian
informasi mengenai Perbandingan antara UN Tahun 2015 dengan UN Tahun
2016 yang memuat secara lengkap daftar persamaan dan perbedaan antara UN
2015 dan UN 2016.
Semoga bermanfaat.
0 Response to "Perbandingan Antara UN Tahun 2015 dengan UN Tahun 2016"
Posting Komentar